Sabtu, 26 Desember 2020

4 Jenis Metode Sprinkler Pada Bangunan

Perlindungan paling aman kepada kebakaran yakni memiliki metode pencegahan dan pemadam otomatis bila terjadi kebakaran atau asap di ruangan. Memasang metode sprinkler adalah langkah pencegahan yang bagus untuk dikerjakan. Ada banyak sekali jenis alat penyiram api namun dalam artikel ini akan khusus diterangkan 4 jenis metode sprinkler yang digunakan pada bangunan.

Perlindungan paling aman terhadap kebakaran adalah memiliki sistem pencegahan dan pemadam  4 Jenis Sistem Sprinkler pada Bangunan
4 Jenis Sistem Sprinkler pada Bangunan


01. Sistem Sprinkler Pra agresi

Sistem sprinkler kebakaran pra-agresi dimana pipa sprinkler diisi dengan udara dan air yang diizinkan mengalir ketika alarm asap atau detektor dimatikan. Jenis tata cara ini membutuhkan dua pemicu untuk mengawali pemikiran air. Sistem sprinkler pra-aksi dapat dikelola untuk menangkal air menyembur kalau terjadi deteksi palsu atau kerusakan mekanis pada sensor alarm.

Sistem pra-aksi ini juga baik untuk digunakan di tempat-kawasan di mana penyiram cuma dibutuhkan dikala ada api yang bekerjsama sehingga barang-barang lain di gedung tidak mengalami kerusakan air dari percikan air yang tidak disengaja. Bangunan seperti perpustakaan dan pusat data. Tempat-daerah ini berisi barang-barang bernilai tinggi seperti barang elektro dan barang yang bisa rusak oleh air mirip buku.

02. Sistem Sprinkler Pipa kering

Penyiram pipa kering mirip dengan tata cara pra-agresi karena keduanya memakai udara bertekanan di dalam pipa yang keluar sebelum air keluar. Ini dapat mengakibatkan penundaan dalam debit air namun sungguh ideal untuk bangunan dengan suhu rendah mirip cool storage sehingga pipa tidak membeku.

Sistem sprinkler kering ini memiliki alat pembuka cepat untuk menyingkirkan udara dan mempercepat anutan air. Gudang yang terletak di kutub utara ialah pola yang baik dari bangunan yang mesti menggunakan Sistem sprinkler pipa kering.

03. Sistem Sprinkler Pipa lembap

Sistem Sprinkler Pipa berair artinya terus-menerus memiliki air di dalamnya. Ini memungkinkan reaksi yang lebih cepat terhadap api dan ialah jenis sprinkler yang paling umum dipasang pada bangunan. Jenis bangunan yang menggunakan tata cara pipa lembap yakni bangunan bertingkat tinggi atau kantor dengan beberapa lantai.

Sistem pipa lembap ini juga umumnya memakai air bertekanan tinggi di dalam pipa sehingga air lebih cepat memancar. Sistem sprinkler pipa lembap ini irit biaya dan perawatannya rendah, selain itu juga mampu menjadi alternatif saat pompa air mati.

04. Sistem Sprinkler Deluge

Jenis sistem sprinkler ini juga membutuhkan detektor asap atau panas seperti sistem pra-aksi. Sistem deluge ini mempunyai nozel terbuka yang mampu digunakan dikala ada bahaya. Ketika ada cairan seperti bensin terbakar dan tersebar di lantai, sprinkler ini adalah jawabannya. Dalam hal ini, bangunan mirip industri dan bangunan dengan banyak tangki minyak memiliki sistem sprinkler jenis ini.

Demikianlah tentang 4 Jenis Sistem Sprinkler pada Bangunan yang mampu kita pilih untuk melindungi bangunan dari resiko kebakaran tergolong melindungi penghuni dan barang-barang berharga di dalam bangunan. Semoga postingan ini bermanfaat dan mampu membuka wawasan wacana metode pemadam kebakaran pada bangunan.

Referensi : 

  • https://www.fireline.com/blog/4-types-fire-sprinkler-systems/
  • http://www.ifcgroup.com/fire-engineering/sprinkler-system-design/types-of-sprinkler-system.html
  • http://wiginton.net/pdf/Wiginton-Fire-Protection.pdf
  • http://home.howstuffworks.com/home-improvement/household-safety/fire/fire-sprinker-system4.htm

Sumber https://www.arsitur.com/


EmoticonEmoticon