Senin, 12 Oktober 2020

Shigeru Ban, Arsitektur Kertas Dan Karyanya Yang Populer

Shigeru Ban ialah seorang arsitek Jepang, yang dikenal karena karya inovatifnya dengan kertas, khususnya tabung karton daur ulang yang digunakan untuk memuat para korban tragedi dengan segera dan efisien. Dia dinobatkan oleh majalah Time sebagai inovator abad ke-21 di bidang arsitektur dan desain.

Pada tahun 2014, Ban dinobatkan selaku akseptor ke-37 dari Pritzker Architecture Prize, hadiah paling bergengsi dalam arsitektur modern. Juri Pritzker menentukan Ban atas penggunaan material kreatif dan dedikasinya pada upaya kemanusiaan di seluruh dunia, memanggilnya "seorang guru yang berkomitmen yang tidak hanya menjadi pola bagi generasi muda, tetapi juga suatu pandangan baru."

Kehidupan permulaan dan pendidikan Arsitek Shigeru Ban


Shigeru Ban adalah seorang arsitek Jepang Shigeru Ban, Arsitektur Kertas dan Karyanya yang Terkenal
Shigeru Ban, Arsitektur Kertas dan Karyanya yang Terkenal

Shigeru Ban lahir di Tokyo, Jepang pada 5 Agustus 1957,. Ia belajar di Universitas Seni Tokyo, dan kemudian kuliah di Institut Arsitektur California Selatan. Kemudian dia pergi ke Sekolah Arsitektur Cooper Union, di mana ia mencar ilmu di bawah tutorial John Hejduk dan lulus pada tahun 1984.

Dari Hejduk (yang merupakan bab dari New York Five), Ban mendapatkan minat pada "puisi arsitektonik" atau penciptaan "puisi tiga dimensi". Hejduk, yang paling eksperimental berpikiran dari New York Five, mempunyai dampak awet pada Ban, yang karyanya mencerminkan eksplorasi berkelanjutan menjadi bagian geometris dasar. Eksplorasi formal Ban dengan bahan bangunan dasar menolong membawanya menjadi unik penyelesaian bangunan.

Karakter Desain Shigeru Ban

Menurut Shigeru Ban, salah satu tema paling penting dalam karyanya yakni "struktur tak kasat mata". Artinya, beliau tidak terlampau mengekspresikan elemen strukturalnya, namun lebih menentukan untuk memasukkannya ke dalam desain. Ban tidak kepincut pada bahan dan teknik modern, melainkan ekspresi rancangan di balik bangunannya. Dia sengaja menentukan bahan tertentu untuk melanjutkan perumpamaan ini.

Pekerjaan Arsitek Ban mencakup beberapa sekolah arsitektur. Pertama beliau adalah arsitek Jepang, dan menggunakan banyak tema dan metode yang ditemukan dalam arsitektur tradisional Jepang (seperti shōji) dan gagasan "lantai universal" untuk memungkinkan kesinambungan antara semua kamar di suatu rumah.

Di dalam desainnya, ini diterjemahkan ke lantai tanpa pergeseran ketinggian. Dengan memilih untuk belajar di bawah Hejduk, Ban menentukan untuk melakukan sesuatu yang berbeda. Pandangan rasionalis Hejduk tentang arsitektur menunjukkan cara untuk meninjau kembali modernisme Barat dan menerima apresiasi yang lebih kaya daripada visi reduktif tentang arsitektur sebagai versi rasional dari ruang Jepang yang tradisional dalam arsitektur Jepang.

Dengan pendidikan dan pengaruhnya dari Barat, Ban telah menjadi salah satu arsitek Jepang terkemuka yang merangkul mulut bentuk dan metode bangunan Barat dan Timur. Mungkin yang paling besar lengan berkuasa dari Hejduk yaitu studi ihwal struktur tata cara arsitektur.

Bangunan Kertas oleh Shigeru Ban

Shigeru Ban paling populer karena karya inovatifnya dengan pipa kertas dan karton selaku bahan untuk konstruksi bangunan. Dia adalah arsitek pertama di Jepang yang membangun sebuah bangunan dari kertas, dan membutuhkan kesepakatan khusus supaya bangunannya lulus kriteria bangunan Jepang.

Shigeru Ban kesengsem untuk memakai kertas sebab ongkosnya rendah, mampu didaur ulang, berteknologi rendah, dan dapat diganti. Aspek terakhir dari imbas Ban adalah kemanusiaannya dan ketertarikannya pada arsitektur ekologis. Pekerjaan Ban dengan kertas dan bahan-materi lainnya sungguh didasarkan pada keberlanjutannya dan karena itu menghasilkan sangat sedikit limbah. Sebagai risikonya, tempat penampungan pengungsi karya Ban sungguh terkenal dan efektif untuk dukungan rumah pasca peristiwa yang berbiaya rendah.

Shigeru Ban membuat gedung paviliun Jepang di Expo 2000 di Hanover, Jerman bekerja sama dengan arsitek Frei Otto dan insinyur struktural Buro Happold. Struktur kulit kotak sepanjang 72 meter dibentuk dengan tabung kertas. Tetapi sebab undang-undang bangunan yang ketat di Jerman, atap mesti diperkuat dengan substruktur. Setelah ekspo, struktur tersebut didaur ulang dan dikembalikan ke bubur kertas.

Shigeru Ban sangat cocok dengan kategori "Arsitek Ekologi" namun beliau juga mampu menciptakan klaim kuat untuk menjadi modernis, seorang eksperimentalis Jepang, serta rasionalis. Natias Neutert, pemikir, kritikus, dan penyair Jerman, menandai Ban dalam esainya sebagai "seorang revolusioner yang lembut ... membimbing arsitektur kontemporer menuju transparansi, bola dan terbuka". Shigeru Ban sendiri mengutip: "Saya tidak suka sampah", menyimpulkan filosofi dan praktiknya, yang diketahui sebagai "Arsitektur Kertas".

Daftar Karya Terkenal Arsitek Shigeru Ban

Shigeru Ban adalah seorang arsitek Jepang Shigeru Ban, Arsitektur Kertas dan Karyanya yang Terkenal
Centre Pompidou-Metz museum, Metz, France

Berikut ini yaitu beberapa karya pilihan dari Arsitek Shigeru Ban yang populer dan memberi inspirasi di seluruh dunia.
  1. Centre Pompidou-Metz, France
  2. Aspen Art Museum at dusk
  3. Furniture House, a series of prefabricated homes built in Japan, China, and the US and Metal Shutter House
  4. Curtain Wall House (1995), Itabashi, Tokyo, Japan
  5. Naked House (2000), Kawagoe, Saitama prefecture, Japan
  6. Japanese Pavilion (2000) at Hannover World Exhibition Expo 2000, Hannover, Germany
  7. Nomadic Museum (2005–present), built to house Gregory Colbert's video/photo work "Ashes and Snow"
  8. Takatori Catholic Church, Kobe, Japan
  9. Paper Dome, Nantou, Taiwan
  10. Picture Window House, Shizuoka, Japan
  11. Centre Pompidou-Metz museum, Metz, France
  12. Luxurious villa designs Maison S und Maison H on an exclusive private island: Mandarin Oriental Dellis Cay
  13. Cardboard Cathedral, Christchurch, New Zealand (2012–2013)[13]
  14. Aspen Art Museum, USA[1]
  15. Bamboo Furniture House, Great Wall, China
  16. Ōita Prefectural Art Museum, Ōita-shi, Japan
  17. Onagawa Station, Onagawa, Miyagi, Japan
  18. La Seine Musicale, Cultural complex and concert-halls on the Ile Seguin Boulogne-Billancourt, France
  19. Villa Vista, Weligama Sri Lanka

Penghargaan Arsitek Shigeru Ban

Sebagai arsitek yang terkenal, tentunya Shigeru Ban sudah banyak mendapat penghargaan dan pengesahan atas dirinya selaku seorang Arsitek Profesional. Berikut adalah daftar penghargaan yang pernah diperoleh arsitek Shigeru Ban.
  1. The JIA Prize for the Best Young Architect of the Year, Japan (1997)
  2. Time magazine Innovator of the Year, USA (2001)
  3. Prix de l'Académie d'Architecture de France (2004)
  4. Arnold W. Brunner Memorial Prize in Architecture, American Academy of Arts and Letters, USA (2005)[14]
  5. Honorary doctorate degree of Technische Universitaet Muenchen, Germany (2009)
  6. Ordre des Arts et des Lettres, France (2010)
  7. Honorary Doctorate from The New School, USA (2011)[15]
  8. National Order of Merit, France (2011)
  9. Auguste Perret Prize for Technology Applied to Architecture (2011)[16]
  10. Mainich Design Prize, Japan (2012)
  11. Pritzker Architecture Prize (2014)[4]
  12. World Economic Forum Crystal Award (2015)

Demikianlah tentang Profil Arsitek Shigeru Ban dan Karya-karyanya yang populer, agar berfaedah dan memberi inspirasi.

Referensi :

  • Pogrebin, Robin (24 March 2014). "Pritzker Architecture Prize Goes to Shigeru Ban". New York Times. Retrieved 27 March 2014.
  • Biography Archived 25 March 2014 at the Wayback Machine, The Hyatt Foundation, retrieved 26 March 2014
  • "Shigeru Ban named 2014 Pritzker Prize Winner". ArchDaily. Retrieved 24 March 2014.
  • https://en.wikipedia.org/wiki/Shigeru_Ban

Sumber https://www.arsitur.com/


EmoticonEmoticon