Selasa, 20 Oktober 2020

Astra Biz Center : Tidak Hanya Sekedar Showroom (Review Arsitektural)

Astra Biz Center telah mengambil tantangan untuk menganjurkan kompleks showroom pada tipologi site yang tidak konvensional dan menjadi bab dari pengembangan penggunaan mix-use di Bumi Serpong Damai (BSD).

Dengan mengambil rancangan galeri urban, galeri Astra Biz Center ini memberikan pengalaman berlawanan di persimpangan, dengan penyelesaian operasional kreatif yang berintegrasi dengan prinsip desain sustainable alias desain yang berkesinambungan.

Astra Biz Center telah mengambil tantangan untuk mengusulkan kompleks showroom pada tipolo Astra Biz Center : Tidak Hanya Sekedar Showroom (Review Arsitektural)
Astra Biz Center - Pandangan samping


Merek unggulan mirip Toyota, Daihatsu, Isuzu, BMW, Peugeot, Honda, dan perusahaan afiliasi yang lain (AFFCO), ruang pamer yang menjadi ruang utama dipisahkan secara terpisah menjadi paviliun. Astra Biz Center ini mengambil acuan showroom Honda, memakai atap logam aerodinamis yang memperkuat tema ikon otomotif yang sepertinya mengambang kontras dengan ringannya dinding di bawahnya.

Ruang di tengah alun-alun terbuka membentuk jalan galeri Astra Biz Center sehingga hadirin dapat menjelajahi sekitar showcase pekan raya mobil bergengsi untuk mengalami pemandangan dealer kendaraan beroda empat yang unik. Ini ialah salah satu trik mengolah ruang yang digunakan arsitek.

Selain itu, orientasi linier ruang pamer dengan fasad depan toko menghadap jalan utama memungkinkan Astra Biz Center menjadi jendela kota ke ranah publik. Strategi frontage aktif dan skala rendah dari ruang pamer menunjukkan konektivitas antara ruang pamer dan pejalan kaki, antara penampilan kendaraan beroda empat dan orang-orang.

Astra Biz Center telah mengambil tantangan untuk mengusulkan kompleks showroom pada tipolo Astra Biz Center : Tidak Hanya Sekedar Showroom (Review Arsitektural)
Astra Biz Center - Dari jalan raya

Penempatan beberapa ruang terbuka, akomodasi pejalan kaki, dan alun-alun kota yang besar bertujuan untuk menarik perhatian penduduk terhadap kendaraan bermotor. Tempat-tempat mirip alun-alun cekung AFFCO dan ruang transisi untuk pejalan kaki di depan ruang pamer dirancang untuk melakukan banyak sekali acara dan pekan raya bagi para penggemar otomotif.

Penerapan prinsip 'zona ruang bareng ' memungkinkan bagi pengguna mobil, motor dan pejalan kaki untuk berinteraksi secara dinamis yang mendukung fungsinya sebagai ruang konferensi multiguna. Ruang terbuka publik diposisikan di sebelah timur, selaku tanggapan terhadap iklim dan menciptakan ventilasi silang di sekitar bangunan.

Astra Biz Center telah mengambil tantangan untuk mengusulkan kompleks showroom pada tipolo Astra Biz Center : Tidak Hanya Sekedar Showroom (Review Arsitektural)
Astra Biz Center - Dari Atas

Proyek Astra Biz Center ini juga memperlihatkan solusi kreatif untuk menyelesaikan fungsi operasional. Penempatan lokakarya di ruang bawah tanah menawarkan ruang maksimum untuk area terbuka ke publik di lantai dasar. Sementara itu, kudapan lebar yang menghadap ke jalan utama dan ujung lain dari ruang bawah tanah memungkinkan adanya ventilasi silang.

Dengan demikian asap pembakaran mesin bisa dilepaskan ke area terbuka. Ini menunjukkan pendekatan khusus untuk showroom dan perbaikan rancangan yang menonjol di antara proyek-proyek Astra yang lain.

Astra Biz Center telah mengambil tantangan untuk mengusulkan kompleks showroom pada tipolo Astra Biz Center : Tidak Hanya Sekedar Showroom (Review Arsitektural)
Astra Biz Center - Daribagian dalam

Secara keseluruhan, Astra Biz Center dirancang tidak hanya sebagai kompleks bengkel, ruang pamer dan kantor biasa, namun juga sebagai tempat untuk berkumpul dan berinteraksi di Bumi Serpong Damai (BSD) yang sedang meningkat . Karena penemuan, rancangan Astra Biz Center diyakini memiliki potensi untuk dijadikan patokan di periode depan untuk perluasan kantor cabang.
Sumber https://www.arsitur.com/


EmoticonEmoticon