Kamis, 17 September 2020

Google Search Syntax, Meningkatkan Secara Optimal Penelusuran Spesifik

Halo mitra, usang tidak update rasanya ada sesuatu yang kurang. Terlebih kegiatan offline yang cukup menyita waktu membuat aktifitas online agak terbengkalai. Pada potensi ini aku ingin membuatkan perihal optimasi pencarian di Google, sehingga dengan beberapa syntax yang sederhana kita bisa menerima hasil pencarian yang lebih spesifik. Pada awalnya syntax Google search terbilang banyak, tetapi setelah beberapa waktu berjalan secara sedikit demi sedikit Google sekarang mempersempit penggunaan syntax sehingga user dapat dengan mudah cuma dengan mengetikkan kata kunci dan algoritma Google mampu mengetahui apa yang dicari. Algoritma Google yang begitu rumit sering disebut sebagai kecerdasan buatan yang tidak cuma sekedar melaksanakan pencarian secara objektif tapi juga subjektif sehingga seolah-olah mempunyai sisi emosional yang mampu mendeteksi selera pengguna. Namun, sehebat apapun sering kali Google memperlihatkan penelusuran yang tidak sesuai impian, hal tersebut terutama terjadi saat Google dihadapkan pada kata kunci / keyword yang bersifat ambigu atau mengarah ke beberapa hal yang serupa tapi tak sama. Untuk mensiasati hasil penelusuran seperti apa yang dibutuhkan, google masih menawarkan beberapa syntax sehingga pengguna bisa mendapatkan hasil penelusuran yang maksimal dan spesifik. Berikut adalah daftar syntax dan tanda baca / simbol yang diakui Google search untuk mendapatkan hasil pencarian yang spesifik. Daftar Google Search Syntax Untuk Optimasi Pencarian Spesifik Plus ( + ) Pencarian untuk halaman Google+ atau jenis darah. Contoh: + dan AB+ At ( @ ) Pencarian tag sosial media. Contoh: @customationers Dollar ( $ ) Pencarian dengan melibatkan tag harga sebuah barang / produk. Syntax pencarian ini juga berlaku untuk mata uang lain semisal Rupiah. Contoh: laptop $400, laptop rp4,000,000 Hashtag ( # ) Pencarian hashtag terkenal untuk trending topik atau hal-hal yang sedang terkenal di media umum. Contoh: #HajiLulungEffect #SaveHajiLulung Dash ( - ) Pengecualian kata-kata. Bila Anda memakai dash sebelum kata atau situs, google akan mengabaikan ( tidak mengutamakan ) kata atau situs bersangkutan dalam hasil penelusuran. Hal ini berkhasiat untuk kata-kata dengan beberapa arti, mirip Jaguar merek kendaraan beroda empat dan jaguar hewan. Contoh: jaguar wallpaper -car ( memperlihatkan jaguar dari jenis binatang dan mengabaikan Jaguar dari jenis brand kendaraan beroda empat ) tablet -site:wikipedia.org ( menampilkan hasil pencarian selain dari website wikipedia ) Hubungkan kata. Ketika dash disisipkan di antara beberapa kata-kata, Google akan tahu kata-kata yang terhubung dimaksudkan untuk diprioritaskan (susunannya) dalam hasil pencarian. Contoh: android-lollipop-tablet price Underscore ( _ ) Menghubungkan dua kata-kata seperti quick_sort. Hasil pencarian Anda akan menemukan pasangan kata tersebut baik dihubungkan bersama (quicksort) atau dihubungkan dengan garis bawah / underscore (quick_sort). Quotes ( " ) Pencarian frase spesifik, jika Anda menempatkan sebuah kata atau frase dalam tanda kutip, hasil pencarian hanya akan memasukan halaman dengan kata-kata yang sama dalam urutan yang serupa mirip apa yang ada di dalam tanda kutip.  Catatan: Syntax / format ini seharusnya cuma digunakan bila Anda sedang mencari kata atau frase yang sempurna (persis), jikalau tidak, anda akan mengecualikan banyak hasil yang ditampilkan dalam hasil pencarian.  Contoh: "Daftar Google Search Syntax Untuk Optimasi Pencarian Spesifik" Asterisk ( * ) Menambahkan tanda bintang dalam penelusuran sebagai tempat untuk setiap ungkapan yang tidak dimengerti atau wildcard. Gunakan dengan tanda kutip untuk mendapatkan kombinasi frase yang sempurna atau untuk mengenang kata-kata di tengah frase.  Contoh: "Daftar Google Search * Untuk Optimasi Pencarian Spesifik" Period ganda ( .. ) Nomor yang dipisahkan oleh dua periode / tanda titik tanpa spasi (..) untuk melihat hasil yang berisi angka-angka dalam kisaran tertentu dari hal-hal seperti tanggal, harga, dan pengukuran.  Contoh: laptop rp4,000,000..rp6,000,000 Operator Pencarian Untuk Mempersempit Hasil Catatan: penggunaan operator harus sesuai dengan format, artinya tanpa ada spasi diantara operator dan kueri penelusuran. site: Mendapatkan hasil dari situs atau domain tertentu. Sebagai contoh, Anda mampu menemukan semua menyebutkan "laptop" di blog , atau laptop di semua situs web yang memiliki TLD *.org.  Contoh: laptop site:customations.blogspot.com dan laptop site:.org link: Pencarian halaman yang memiliki tautan ke halaman tertentu. Sebagai pola, Anda dapat mendapatkan semua halaman yang memiliki tautan ke google.com.  Contoh: link:www.softpedia.com related: Pencarian situs web yang mirip dengan URL yang sudah diketahui. Jika Anda mencari situs yang bekerjasama dengan www.softpedia.com, Anda akan menemukan blog lain yang sama / setopik yang mungkin Anda kesengsem.  Contoh: related:www.google.com OR Jika Anda ingin mencari halaman yang mungkin hanya salah satu dari beberapa kata, sisipkan OR (uppercase) diantara keyword penelusuran. Tanpa OR, hasil yang Anda dapatkan lazimnya akan menunjukkan cuma halaman yang cocok dengan kedua kueri pencarian tersebut.  Contoh: asus a455ld OR x452ea informasi: Pencarian info mengenai sebuah URL, tergolong model cache dari halaman, halaman yang sama, dan halaman yang tertaut ke situs tersebut.  Contoh: gosip:customations.blogspot.com cache: Melihat mirip apa suatu halaman pada dikala terakhir kali Google menjelajahi / crawl halaman atau situs web tersebut.  Contoh: cache:www.softpedia.com Sumber : support.google.com
Sumber https://customations.blogspot.com


EmoticonEmoticon