Senin, 21 September 2020

Cara Memperlihatkan Sajian Di Kedai Makanan

Bagi kalian yang gres bekerja di kedai makanan dan masih dalam tahap belajar dan utamanya atau bekerja di bagian pelayanan atau waiter. Ada  baiknya kalian perlu belajar tentang Cara Menawarkan Menu di Restoran  atau TAKING ORDER ( Menerima pesanan konsumen). Sebenarnya cara ini sangat gampang dipejari, tetapi perlu adanya penyesuaian dalam keseharian untuk menghilangkan rasa gugup ata nervest. Mungkin bagi kalian yang pernah belajar atau sekolah di Sekolah Menengah kejuruan (Sekolah Menengah Kejurusan) diperhotelan atau bagian lain, telah pernah mempelajari Cara Menawarkan Menu di Restoran. Ada adab yang harus dipelajari tetang hal tersebut. Apabila kesengsem ingin mempelajari wacana TAKING ORDER ( Menerima pesanan pelanggan) kalian mesti membaca artikel ini hingga simpulan. Cara Menawarkan Menu di Restoran  Cara Menawarkan Menu di Restoran Apa itu taking order ? Menerima dan mencatat orderan dari pelanggan atau yang atau yang diketahui dengan Taking Order merupakan suatu hal penting yang penting yang mesti dikuasai oleh pramusaji . Agar seorang waiter berhasil dalam taking order memerlukan pengetahuan dan skill khusus para, mereka mesti santun dan sopan dalam   berkomunikasi dengan pelanggan. Mereka juga dituntung menguasai semua isi dari daftar hidangan yang dijual baik yang sedang dipromosikan maupun hidangan yang dipercaya. Apa tujuan Taking Order ? Agar mampu sukses Menawarkan Menu di Restoran ada beberapa hal yang harus dikenali apa tujuan dari taking order: 1.       Memberikan isu yang akurat tentang menu di kedai makanan. 2.       Meningkatkan nilai penjualan. 3.       Meningkatkan profit/laba. Nah, ada syarat atau criteria yang mesti seorang pramusaji atau Order taker: Bisa berkomunikasi dengan baik. Memiliki pengetahuan ihwal produk yang dijual. Menguasai teknik memasarkan. Menguasai teknik pencatatan pesanan. Memiliki daya ingat ( memory) yang bagus. Bagaimana cara Taking Order yang bagus ? Untuk   mampu taking order yang bagus, selain kesanggupan berkomunikasi dan pengetahuan wacana sajian, perlu dipahami pula teknik taking order sebagai berikut : Antarkan pelanggan ke meja yang telah siap dipakai, pilihkan kawasan duduk sesuai jumlah pelanggan. Tarikan bangku dan persilahkan tamu duduk, utamakan wanita, anak-anak, orang bau tanah. Apabila tamu telah duduk, berikanlah buku menu dengan ajudan. Ingat , tatap mata dengan konsumen, senyum dan sapalah dengan ramah. Berikan peluang untuk melihat isi sajian sebelum anda memperlihatkan hidangan kepada konsumen. Gunakan ibu jari atau telapak tangan terbuka, jangan gunakan telunjuk supaya mengesankan kesopanan. Berikan saran untuk sajian yang ukuran lebih besar, lebih lengkap atau menu yang saat ini di promosikan. Lakukan dengan sopan biar tidak berkesan memaksa. Ingat ! jangan menyarankan apabila pelanggan sudah menyampaikan cukup. Segera catat pesanan konsumen dengan teliti dan jelas khususnya untuk pesanan khusus. Ingat! gunakan penulisan yang umum dan mudah diketahui. Sebelum meninggalkan konsumen ulangilah pesanan konsumen supaya tidak ada yang salah tulis atau terlupakan. Ucapkan terimakasih untuk menyelesaikan Taking Order dan persilahkan untuk menanti. Apa yang mesti di sampaikan terhadap konsumen ? Setiap anda taking order, perlu disampaikan beberapa hal yang mampu menimbulkan ketidak puasan pelanggan/complain konsumen. Antara lain : 1.       Selain sop ikan, kedai makanan juga menawarkan sajian lain seperti sop ikan asam pedas, kepala ikan asam pedas, tumisan dan gorengan. Yang perlu disampaikan kepada pelanggan yakni bahwa setiap menu membutuhkan waktu pemasakan yang berlawanan, jadi sampaikan apabila pesanan pelanggan prosesnya agak lama untuk menghindari pelanggan merasa tidak di prioritaskan. Namun tetap sampaikan dengan bahasa yang baik supaya tidak menyinggung konsumen. 2.       Apabila ada hidangan yang tidak bisa ditawarkan sebab stok habis atau sebab hal lain maka hampiri pelanggan dan sampaikan dengan sopan, tawarkan sajian penganti lain selaku solusi. Misalnya kangkung dig anti dengan toge, atau lumpia diganti dengan ikan goreng, dll. Bagaiman cara menulis pesanan ? Pada saat menuliskan pesanan pelanggan anda perlu memperhatikan kejelasan dan ketepatan alasannya adalah hasil pencatatan akan bekerjasama dengan peoses pemasakan di dapur, proses pengerjaan minuman di bartender dan pembayaran di kasir. Untuk itu penting diperhatikan beberapa hal : Jangan mengunakan ungkapan baru yang tidak di identifikasi orang lain untuk menyingkir dari salah penafsiran. Tulislah dengan terang sehingga mudah di baca, utamanya untuk pesanan khusus. Pertebalkan tulisan dibon lembar terakhir dan perjelas lagi jika di butuhkan. Isilah kolom nama setiap anda taking order. Kolom Jumlah pelanggan dan kolom tanggal. Serahkan bon sesuai warna yang sudah ditentukan : Lembar 1 ( putih ) ke kasir Lembar 2 ( merah ) ke kasir Lembar 3 ( kuning ) ke dapur & bartender. Itulah beberapa hal yang perlu kalian kuasai jikalau kalian melakukan pekerjaan selaku pelayan disebuah restauran ketika  Menawarkan Menu di Restoran. 
Sumber https://somadrug1.blogspot.com


EmoticonEmoticon