Senin, 28 September 2020

Pengertian Basement Dalam Bangunan

Basement adalah sebuah tingkat atau beberapa tingkat dari bangunan yang keseluruhan atau sebagian terletak di bawah tanah. Basement yakni ruang bawah tanah yang merupakan bab dari bangunan gedung. Pada periode ini basement dibuat sebagai perjuangan untuk memaksimalkan penggunaan lahan yang kian padat dan mahal.



basement untuk parkir


Tidak semua bangunan memiliki basement. Untuk bangunan yang memilikinya, tungku perapian (furnace), alat penghangat air (water heater), pelataran kendaraan beroda empat dan metode pengaturan suhu dari satu rumah atau bangunan secara khas terlokasi pada tingkatan terbawah bangunan ini; sehingga menjadi suatu ketentraman tersendiri untuk pemasangan dan aplikasi bab seperti sistem distribusi elektrik, dan titik distribusi televisi kabel.

konstruksi basement



Basement menunjukkan satu potensi untuk andal bangunan untuk meraih suatu titik balik dalam pengeluarannya, dan customer/klien untuk mendapatkan laba dengan membangun suatu bagunan yang bernilai potensi lebih.

Basement biasanya dipakai sebagai ruang utilitas untuk bangunan, tempat ruang utilitas seperti boiler, penghangat air, panel pemutus atau kotak sekering, kawasan parkir, dan tata cara pendingin udara. Begitu juga akomodasi seperti metode distribusi listrik dan titik distribusi televisi kabel. Di kota-kota dengan harga properti yang tinggi, mirip Jakarta, basement atau ruang bawah tanah sering dilengkapi dengan akomodasi sehingga dapat dipakai sebagai ruang kerja.

Baca Juga : Aturan Merancang Basement

Basement atau ruang bawah tanah sejatinya telah ada sejak zaman dahulu dimana beberapa istana kerajaan mempunyai ruang bawah tanah sebagai kawasan bersembunyi atau melarikan diri. Basement menjadi lebih mudah dibangun sejak adanya industrialisasi dalam pembangunan rumah.

Mesin penggali bertenaga besar mirip backhoe dan front-end loader sudah mengurangi waktu dan tenaga yang dibutuhkan untuk menggali ruang bawah tanah secara dramatis ketimbang menggali dengan tangan dengan sekop, meskipun sistem ini mungkin masih dipakai di negara meningkat .

Sistem bangunan dengan basement sangat sesuai digunakan untuk bangunan tinggi. Pada bangunan tinggi, dibutuhkan pondasi yang sangat dalam, ketimbang membiarkan pondasi besar yang dalam ke tanah, lebih baik difungsikan selaku ruang untuk utilitas atau back office.

Baca Juga : Menyediakan Sistem Sirkulasi Udara di Basement

Meskipun basement ialah salah satu cara untuk mengurangi lahan dan menawarkan ruang servis, pada rumah tinggal basement jarang dibuat alasannya adalah ongkos yang dikeluarkan mampu mencapai 1,5 kali lebih banyak dibandingkan ongkos menciptakan struktur tingkat.

Namun, meski tergolong mahal tetapi bukan berarti pembuatan basement tidak dimungkinkan. Basement sering dimanfaatkan untuk fungsi ruang servis mirip gudang, workshop, ruang basuh, toilet maupun ruang-ruang yang memerlukan tolok ukur khusus mirip home theatre dan ruang musik/studio yang memerlukan kekedapan bunyi lebih tinggi sehingga tidak mengganggu tetangga.

Keuntungan dari eksistensi basement ialah kita mampu menyembunyikan aktivitas-kegiatan yang tidak yummy dipandang mata orang luar (contohnya ruang ME, gudang, dll) dan kita dapat memaksimalkan penggunaan ruang pada lantai yang ada di atasnya.

 

Aplikasi dan Penggunaan Basement dalam Bangunan

Aplikasi dan penggunaan basement pada bangunan sungguh luas dan bisa digunakan sebagai penyelesaian untuk menambah ruang yang diperlukan. Basement yakni solusi terbaik untuk memperbesar kapasitas parkir kendaraan sehingga jumlah mobil dan sepeda motor yang bisa ditampung bertambah banyak. Berikut ini merupakan contoh aplikasi basement pada bangunan.

Basement adalah sebuah tingkat atau beberapa tingkat dari bangunan yang keseluruhan atau s Pengertian Basement dalam Bangunan
pola basement pada bangunan hotel

Penggunaan basement paling kerap dibuat untuk bangunan hotel untuk menghemat lahan parkir hotel. Sebuah hotel tentunya membutuhkan tampilan bangunan yang estetis dan tidak terusik oleh banyaknya kendaraan yang parkir sehingga semua kendaraan hadirin dan pengurus hotel akan diarahkan ke basement. Selain untuk parkir, basement hotel juga dipakai selaku daerah untuk utilitas MEP.

Basement adalah sebuah tingkat atau beberapa tingkat dari bangunan yang keseluruhan atau s Pengertian Basement dalam Bangunan
pola basement pada bangunan mall

Basement pada bangunan mall juga sungguh diharapkan untuk perhiasan ruang terutama parkir kendaraan. Pengunjung mall yang banyak membutuhkan tempat parkir yang luas, tak aneh bila pada basement mall dibentuk bertingkat ke bawah untuk fasilitas parkir.

Basement adalah sebuah tingkat atau beberapa tingkat dari bangunan yang keseluruhan atau s Pengertian Basement dalam Bangunan
contoh basement pada rumah (Armadillo House / Formwerkz Architects)

Basement juga mampu dibuat di rumah selaku gudang atau kawasan meletakan MEP. Jika ingin menciptakan basement di rumah pastikan mempunyai metode yang mampu melindungi basement dari air dan metode untuk mengeluarkan air tersebut dari basement.

Demikianlah tentang perngertian basement dalam bangunan, supaya artikel ini dapat bermandaat dan mampu memperbesar wawasan sobat seluruhnya. Terima kasih.


Referensi :  

  • Zeller, Dirk. Success as a Real Estate Agent for Dummies. Wiley, 2006, p. 209 
  • Soanes, Catherine and Stevenson, Angus (ed.) (2005). Oxford Dictionary of English, 2nd Ed., revised, Oxford University Press, Oxford, New York, p. 278. ISBN 978-0-19-861057-1.


Dapatkan PDF
Sumber https://www.arsitur.com/


EmoticonEmoticon