Gaya Internasional (international style) yaitu gaya arsitektur yang dikembangkan pada 1920-an dan berhubungan erat dengan modernisme dan arsitektur modern. Gaya ini pertama kali didefinisikan oleh kurator Museum Seni Modern Henry-Russell Hitchcock dan Philip Johnson pada tahun 1932, berdasarkan karya arsitektur dari tahun 1920-an.
Gaya Internasional ini mampu ditemui pada bangunan yang dirancang oleh sekelompok kecil arsitek modernis, di mana tokoh-tokoh terutama ialah Ludwig Mies van der Rohe, Jacobus Oud, Le Corbusier, Richard Neutra dan Philip Johnson.
Istilah ini berasal dari judul buku karya Henry-Russell Hitchcock dan Philip Johnson yang ditulis untuk mencatat International Exhibition of Modern Architecture yang diadakan di Museum of Modern Art di New York City tahun 1932.
Buku itu mengidentifikasi, mengategorikan dan memperluas karakteristik lazim ihwal modernisme di seluruh dunia. Hasilnya, konsentrasi lebih diperdalam pada aspek gaya modernisme.
Dalam buku tersebut mengidentifikasi tiga prinsip berlainan: lisan volume daripada massa, keseimbangan ketimbang simetri prasangka dan penghilangan pernak-pernik bangunan, bentuk asimetris, kubis atau semua sisinya dalam komposisisi, dan kesatuan bentuk, bagian bangunan jendela, dinding, atap, dan lain-lain menyatu dalam komposisi bangunan. ( Sumalyo,Yulianto, 2005).
Sekitar tahun 1900 sejumlah arsitek di seluruh dunia mulai menyebarkan penyelesaian arsitektur baru untuk mengintegrasikan preseden tradisional dengan tuntutan sosial gres dan kemungkinan teknologi.
Karya Victor Horta dan Henry van de Velde di Brussels, Antoni Gaudi di Barcelona, Otto Wagner di Wina dan Charles Rennie Mackintosh di Glasgow, di antara banyak yang lain, mampu dilihat sebagai perpaduan bareng antara gaya usang dan gaya baru.
Arsitek-arsitek ini tidak dianggap selaku bagian dari Gaya Internasional karena mereka mempraktikkannya secara "individualistis" dan dipandang sebagai wakil terakhir Romantisisme.
Gaya Internasional ini mampu ditemui pada bangunan yang dirancang oleh sekelompok kecil arsitek modernis, di mana tokoh-tokoh terutama ialah Ludwig Mies van der Rohe, Jacobus Oud, Le Corbusier, Richard Neutra dan Philip Johnson.
Definisi Langgam Arsitektur Modern International Style
Arsitektur Modern Internasional atau yang lebih diketahui dengan International Style merupakan salah satu ajaran Arsitektur Modern. Gaya internasional yakni gaya arsitektur besar yang muncul pada 1920-an dan 1930-an, kala-era pembentukan arsitektur modernis.Istilah ini berasal dari judul buku karya Henry-Russell Hitchcock dan Philip Johnson yang ditulis untuk mencatat International Exhibition of Modern Architecture yang diadakan di Museum of Modern Art di New York City tahun 1932.
Buku itu mengidentifikasi, mengategorikan dan memperluas karakteristik lazim ihwal modernisme di seluruh dunia. Hasilnya, konsentrasi lebih diperdalam pada aspek gaya modernisme.
Dalam buku tersebut mengidentifikasi tiga prinsip berlainan: lisan volume daripada massa, keseimbangan ketimbang simetri prasangka dan penghilangan pernak-pernik bangunan, bentuk asimetris, kubis atau semua sisinya dalam komposisisi, dan kesatuan bentuk, bagian bangunan jendela, dinding, atap, dan lain-lain menyatu dalam komposisi bangunan. ( Sumalyo,Yulianto, 2005).
Sekitar tahun 1900 sejumlah arsitek di seluruh dunia mulai menyebarkan penyelesaian arsitektur baru untuk mengintegrasikan preseden tradisional dengan tuntutan sosial gres dan kemungkinan teknologi.
Karya Victor Horta dan Henry van de Velde di Brussels, Antoni Gaudi di Barcelona, Otto Wagner di Wina dan Charles Rennie Mackintosh di Glasgow, di antara banyak yang lain, mampu dilihat sebagai perpaduan bareng antara gaya usang dan gaya baru.
Arsitek-arsitek ini tidak dianggap selaku bagian dari Gaya Internasional karena mereka mempraktikkannya secara "individualistis" dan dipandang sebagai wakil terakhir Romantisisme.
Ciri-ciri Langgam Arsitektur Modern International Style :
Adapun ciri-ciri lazim yang sering dijumpai pada gaya arsitektur international style diantaranya ialah sebagai berikut :- Radikal dalam penyederhanaan bentuk
- Penolakan kepada pernak-pernik, dan
- Adopsi dari beling, baja dan beton selaku bahan opsi.
- Transparansi konstruksi (mulut jujur struktur)
- Penggunaaan material/struktur pabrikasi
- Menggunakan bentuk-bentuk geometri.
- Semua bagian tampang gedung bersudut 90 derajat dan bertingkat. Bentuknya segi-empat
- Jendela tersusun secara garis horizontal dan membentuk suatu garis beraturan.
- Meminimalisir ornamen.
- Bentuk mengikuti fungsi
Contoh Arsitek dan Karya Arsitektur International Style :
Berikut ini adalah beberapa teladan arsitek yang menganut gaya international style dengan beberapa karyanya yang menunjukkan adanya gaya arsitektur international style :1. Ludwig Mies van der Rohe - Martin Luther King Jr. Memorial Library
Martin Luther King Jr. Memorial Library |
Perpustakaan Peringatan Martin Luther King Jr. (MLKML) ialah kemudahan sentra Perpustakaan Umum Distrik Columbia (DCPL). Arsitek Ludwig Mies van der Rohe merancang struktur baja, bata, dan kaca seluas 37.000 m², dan ini yaitu acuan langka arsitektur modern international style di Washington, D.C.
Pada tanggal 28 Juni 2007, Dewan Peninjauan Pelestarian Bersejarah Distrik Columbia menetapkan bangunan ini sebagai landmark bersejarah. Penunjukan, yang berlaku untuk ruang eksterior dan interior, berusaha untuk melestarikan desain asli Mies 'sambil menunjukkan fleksibilitas untuk perpustakaan untuk beroperasi selaku akomodasi perpustakaan kontemporer. Bangunan ini juga terdaftar pada Daftar Tempat Bersejarah Nasional Columbia pada 2007.
2. Charles M.goodman - Apartemen Hickory Cluster, Reston, Virginia
Apartemen Hickory Cluster |
Arsitek dan bangunan berikut diseleksi oleh Hitchcock dan Johnson untuk dipamerkan di pameran Arsitektur Modern - Pameran Internasional. Inilah daftar karya Arsitektur yang masuk dalam gaya international style :
Arsitek | Bangunan | Lokasi | Tahun |
---|---|---|---|
Jacobus Oud | Workers Houses (house blocks Kiefhoek) | Netherlands Rotterdam, The Netherlands | 1924–1927 |
Otto Eisler | Semi-detached Villa | Czech Republic Brno, Czech Republic | 1926–1927 |
Walter Gropius | Fagus Factory | Germany Alfeld, Germany | 1925 |
Bauhaus | School | 1926 | |
City Employment Office | Germany Dessau, Germany | 1928 | |
Ludwig Mies van der Rohe | Apartment House, Weissenhof Estate | Germany Stuttgart, Germany | 1927 |
German pavilion at the Barcelona Expo | Spain Barcelona, Spain | 1929 | |
Tugendhat House | Czech Republic Brno, Czech Republic | 1930 | |
Le Corbusier | Villa Stein | France Garches, France | 1927 |
Villa Savoye | France Poissy, France | 1930 | |
Carlos de Beistegui Champs-Élysées Penthouse | France Paris, France | 1931 | |
Erich Mendelsohn | Schocken Department Store | Germany Chemnitz, Germany | 1928–1930 |
Frederick John Kiesler | Film Guild Cinema | United States New York City, USA | 1929 |
Raymond Hood | McGraw-Hill building | United States New York City, USA | 1931 |
George Howe & William Lescaze | PSFS Building | United States Philadelphia, USA | 1932 |
Monroe Bengt Bowman & Irving Bowman | Lux apartment block | United States Evanston, USA | 1931 |
Richard Neutra | Lovell House | United States Los Angeles, USA | 1929 |
Otto Haesler | Rothenberg Siedlung | Germany Kassel, Germany | 1930 |
Karl Schneider | Kunstverein | Germany Hamburg, Germany | 1930 |
Alvar Aalto | Turun Sanomat building | Finland Turku, Finland | 1930 |
Demikianlah tentang Gaya Internasional, agar berfaedah dan mampu memperbesar pengetahuan. Terima kasih.
Referensi :
- Stefan Boness, Tel Aviv: The White City, Jovis, Berlin 2012, ISBN 978-3-939633-75-4
- Terence Riley, The International Style: Exhibition 15 and The Museum of Modern Art, Rizzoli, New York, 1992
- John Elderfield (ed), Philip Johnson and the Museum of Modern Art, Museum of Modern Art, New York, 1998
- Gabriel Gössel, Functional Architecture. Funktionale Architektur. Le Style International. 1925–1940, Taschen, Berlin, 1990
EmoticonEmoticon